Mengenal Batu Chalcedony Sumatra

Advertisemen
HIGHT QUALITY: Kualitas chalcedony dari Pulau Sumatera tak perlu diragukan lagi. (Foto: Kaskus)
kotabontang.net - BATU mulia nusantara digemari bukan hanya karena keindahannya. Ada pula yang menilai batu-batu tersebut memiliki energi dari alam.Kualitas chalcedony dari Pulau Sumatera tak perlu diragukan lagi. Termasuk batuan dari Baturaja, Sumatera Selatan. Chalcedony high quality itu banyak ditemukan di Desa Simpang Empat, Talang Ogan, Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Warga sekitar menamakan batuan chalcedony sebagai batu spiritus karena warnanya menyerupai cairan spiritus. Penemunya dikenal sebagai Kakek Kunik pada era 1980-an. Karena usia telah uzur, kegiatan penambangan dilanjutkan cucunya, Saiful Sadat.

Keberadaan batuan ini memang dapat mengangkat perekonomian warga sekitar. Namun yang tak kalah pentingnya adalah mencegah eksploitasi besar-besaran agar deposit batu berharga ini tak cepat habis. Selain itu, kelestarian alam juga patut dijaga agar chalcedony Sumatera tetap menjadi raja.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments