Daftar Kode Nomor Plat Kendaraan Kalimantan Timur

Advertisemen
Daftar Kode Nomor Plat Kendaraan Kalimantan  Timur
kotabontang.net - Daftar Kode Nomor Plat Kendaraan Kalimantan Timur , Kode wilayah untuk Kota Samarinda B, M, N, W, I. Kota Balikpapan A, K, L, Y dan Z. Berikut, Kutai Kartanegara C, U dan O. Kota Bontang D, Q. Kutai Timur R. Kutai Barat P. Paser E, Paser Penajam Utara V, Berau G, Tarakan F dan J. Bulungan H. Nunukan S dan Kabupaten Malinau I.

Polda Kaltim juga telah mengatur penomoran pelat kendaraan sesuai kabupaten/kota di Kaltim. Sehingga masing-masing daerah memiliki kode tersendiri di belakang nomor kendaraan yang sudah ditetapkan melalui ketentuan yang berlaku.

Sebagai gambaran, penomoran dan kode 1 sampai 1999 untuk kendaraan roda empat. Berikut 2000 sampai 6999 untuk kendaraan roda dua. Nomor 7000 hingga 7999 untuk angkutan umum. Nomor 8000 sampai 9899 kendaraan dobel kabin. Kemudian nomor 9900 sampai 9999 untuk kendaraan emergency seperti ambulans.

Alokasi penomoran kendaraan bermotor telah tersusun mulai nomor blank (kosong) dari provinsi. Di antaranya mulai 1 sampai 99. KT 1 untuk Gubernur. KT 2 untuk Wakil Gubernur (Wagub). KT 3 untuk Ketua DPRD. KT 4 untuk Kepala Kejaksaan Tinggi. KT 5 untuk Ketua Pengadilan Tinggi.

Mengenai STNK khusus atau rahasia dilakukan melalui mekanisme pengurusan dinas terkait harus memenuhi persyaratan. Di antaranya surat permohonan dari pimpinan instansi, STNK dinas yang berlaku, fotokopi BPKB, keterangan pejabat yang akan menggunakan, fotokopi KTA dan cek fisik. Kemudian diserahkan dan mendapat rekomendasi Dirintelkam Polda. STNK tersebut berlaku satu tahun, bisa diperpanjang namun tidak dapat dipindahtangankan.

STNK khusus atau rahasia diberikan dengan kode PR untuk Polri, TR untuk TNI, dan SR untuk instansi pemerintah. Hal ini diberlakukan untuk mendukung kepentingan pengamanan pejabat tertentu dalam pelaksanaan tugas operasional.

“Unsur intelijen juga diberikan kode khusus tersendiri dalam kedinasannya yang membutuhkan kerahasiaan identitas kendaraan bermotor dan pengguna,” jelas Gatot.

Disebutkan, mulai sekarang nomor identitas kendaraan sudah ada peruntukannya masing-masing. Termasuk nomor khusus dan rahasia diberikan kepada pejabat yang berhak menggunakan.

“Untuk nomor polisi mobil double, semuanya harus empat angka yaitu diawali 8 atau 9,” katanya.

Bagi masyarakat yang menggunakan nomor polisi yang telah dialokasikan seperti disebutkan tadi, bisa mengganti nomornya termasuk penggunaan pelat nomor blank dan dilakukan saat perpanjangan pajak kendaraan lima tahun.

“Diharapkan, perubahan dengan pelat nomor kendaraan ini, bisa diketahui masyarakat umum. Sehingga dalam penertiban kendaraan pada masa mendatang bisa lebih mudah dan diharapkan mampu mencegah tindak kriminal. Berikut menutup celah tindak kejahatan kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Kaltim,” tegasnya.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments